Cara Membuat Aplikasi Android tanpa Coding

0
43

Kontenium – Jika mendengar kata Android maka yang akan muncul pada benak kita adalah sistem operasi yang digunakan pada device smartphone. Tahukah Anda bahwa Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan pada smartphone saat ini?

Salah satu keunggulan smartphone Android adalah tersedianya berbagai macam aplikasi yang dapat kita unduh secara gratis melalui layanan Google Play Store. Namun tahukah Anda, jika Anda juga dapat membuat aplikasi android sendiri tanpa coding?

Tentu sangat menarik jika Anda dapat membuat aplikasi sendiri sesuai kebutuhan Anda. Misalkan Anda memiliki usaha dibidang jual beli, Anda dapat membuat aplikasi buku kas yang dapat mencatat seluruh kegiatan transaksi Anda, sehingga Anda dapat mengukur dan dapat melakukan scale-up pada usaha Anda melalui data yang miliki pada aplikasi Anda.

Cara Membuat Aplikasi Android tanpa Coding

Nah seperti yang kami singgung di atas, berikut ini adalah beberapa rekomendasi pembuat aplikasi Android tanpa coding yang dapat Anda coba.

1. Jagel.id

Jagel.id merupakan sebuah startup teknologi App Maker asal Indonesia yang membantu para pelaku bisnis terutama UKM untuk membuat aplikasi Android usaha mereka sendiri.

Banyak aplikasi yanda dapat Anda buat menggunakan platform yang satu ini diantaranya adalah aplikasi Jasa, Ojek Online, Kurir Pengiriman, PPOB dan sebagianya.

Ada beberapa fitur menarik yand ditawarkan oleh Jagel.id diantaranya:

  1. Mudah Dikelola Sendiri
    Anda dapat membuat aplikasi tanpa perlu pusing memikirkan UI dan UX, karena platform ini menyediakan banyak sekali template keren sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Tidak Perlu Menunggu Lama
    Proses pembuatan Aplikasi yang cukup singkat dan tidak perlu memakan banyak waktu lama, platform ini mengklaim cukup dengan waktu 10 menit Anda dapat mempunyai aplikasi Anda sendiri.
  3. Biaya Produksi Rendah
    Jagel.id juga memberikan harga yang bisa dibilang murah, hanya dengan berlangganan RP.100.000 perbulan Anda sudah dapat menggunakan Aplikasi Anda. Tersedia juga paket yang lebih mahal jika Anda memiliki kebutuhan khusus yang lebih untuk Aplikasi Anda.

Untuk membuat Aplikasi pada platform ini juga cukup mudah, Anda cukup menginstal aplikasi Jage.id di Playstore kemudian Anda diminta untuk login/register dan Anda bisa memulai untuk membuat aplikasi melalui menu ‘AppKu‘.

Selain hal yang kami sebutkan diatas yang membuat platform ini menjadi rekomendasi kami adalah karena bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, sehingga akan mudah dipahami jika Anda memiliki keterbasan pada bahasa Inggris.

2. GoodBarber

Paltform untuk membuat aplikasi android selanjutnya adalah GoodBarber. GoodBarber merupakan platform pembuatan aplikasi yang berdiri cukup lama yakni sekitar tahun 2011. Dengan usia yang cukup lama GoodBarber  mengklaim bahwa mereka sudah memiliki aplikasi yang telah oleh penggunanya lebih dari 30.000 aps dan sudah di download lebih dari 40 juta pengguna.

Salah satu kelebihan GoodBarber adalah tersedianya desain dan ikon menarik untuk aplikasi Anda dan juga mendukung lebih dari 600 font Google yanda adapt Anda gunakan untuk desain Aplikasi Anda. Namun untuk berlangganan pada platform ini Anda perlu membayar 30 euro perbulan atau sekitar Rp 500.000.

Baca Juga: Cara Mengganti Font Android

3. AppMakr

AppMakr merupakan software pembuat aplikasi android tanpa coding yang dapat Anda nikmati secara gratis. Meskipun gratis, aplikasi yang kita buat menggunakan AppMakr akan dirilis atas nama kita bukan Appmakr. Jika Anda menggunakan versi gratis makan pada aplikasi yang Anda buat akan muncul iklan. Untuk menghilangkan iklan ini Anda perlu membayar/berlangganan $1 perbulan.

Salah satu kelebihan AppMakr adalah dukungan 14 bahsa Internasional sehingga Anda memiliki keleluasaan untuk bahasa yang akan Anda gunakan. Diantara bahasa yang didukung adalah Bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Spanyol, Perancis, India, Jepang, Persia, Portugis, Sinhala, Tamil, Thailand, Turki, dan Indonesia.

AppMakr memiliki antarmuka yang simple, Anda cukup drag komponen dari sebelah kiri ke jendela smartphone yang ada ditengah. Header, ikon, dan gambar latar belakang juga dapat Anda aplikasikan.

4. AppMachine

AppMchine adalah platform yang dapat Anda gunakan untuk membuat android aplikasi tanpa coding seperti mebuat aplikasi Music, Restaurant, Sekolah, Travel, Olahraga dan sebagainya.

Tampilan antarmuka platform ini juga tergolong mudah untuk dimengerti Anda dapat melakukan drag and drop dengan dipadukan berbagai macam buliding block yang memiliki berbagai fitur seperti foto, video music dan lainnya.

Namun untuk menggunkan AppMachine kita perlu membayar cukup mahal yaitu $49 atau sekitar Rp.700.000, sebanrnya tersedia juga paket basic yakni sekitar $19 saja namun hanya menyediakan aplikasi HTML5 saja.

5. Thunkable

Thunkable merupakan website online berbasis coding yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android no coding. Salah satu kelebihan Tunkable adalah dapat melakukan cross platform, artinya ketika Anda membuat aplikasi berbasis Android, Anda juga dapat melakukan export untuk perangkat iOS.

Tampilan antarmuka Thunkable juga bia dibilang responsive seperti platform lain pada umumnya. Untuk membuat aplikasi Anda cukup melakukan drag and drop block code sesuai dengan kebutuhan aplikasi yang Anda buat.

6. Appery.io

Appery.io merupakan platform atau website pembuat aplikasi yang cukup terkenal di seluruh pengembang aplikasi mobile di dunia, pasalnya beberapa situs besar pernah membahas platform ini diantaranya SDTimes, infoTech, CloudTimes dan lainnya.

Salah satu keunggulan platform ini adalah tersedianya fitur pengembangan aplikasi mobile dengan backend service yang terintegrasi plugin API yang disediakan. Selain digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android, Appery juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi hybrid, web apps dan PWA (Progressive Web Apps)

Appery bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat aplikasi Anda , pasalnya platform ini sudah digunakan oleh lebih dari 500.000 user diseluruh dunia.

7. Appy Pie

Rekomendasi terakhir untuk membuat aplikasi no coding adalah Appy Pie. Platform ini juga cukup terkenal pasalnya platform ini menyediakan pakket free meskipun dengan fitur yang terbatas untuk aplikasi HTML5.

Selain untuk membuat aplikasi Appy Pie juga menyediakan fitur untuk pembuatan game mobile.

Untuk menikmati fitur lebih dalam platform ini tersedia 3 paket selain paket gratis diatas, berikut detailnya:

  • Paket Basic : $7 / bulan
  • Paket Gold : $19 / bulan
  • Paket Platinum : $33 / bulan

Demikian adalah pembahasan mengenai 7 cara membuat aplikasi Android tanpa coding. Segala kemudahan dapat Anda dapatkan dengan paltform yang kami sebutkan diatas, pasalnya seperti kita ketahui bahwa bahasa pemograman bukanlah sesuatu yang mudah dipelajari. Semoga bermanfaat!

Artikel Cara Membuat Aplikasi Android tanpa Coding ini pertama kali terbit di Kontenium. Sumber: Winfixer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here